Cara Instal Composer Untuk Laravel Di Windows

Cara Instal Composer Untuk Laravel Di Windows
Konten Halaman

Dengan Laravel kalian bisa dengan mudah membangun aplikasi bebasis website, Di instalasi laravel ini sudah tersedia beberapa kebutuhan yang sering sekali digunakan sebagai Web Developer, untuk menginstalla Laravel proses instalasi menggunakan composer php.

Kebutuhan developer seperti mengurus keamanan input dari serang Sql Injection, validasi data, pengalamatan URL seperti route, menguakan templeting engine menggunakan blade, lalu ORM Eloquent (Object Relation Mapping) untuk memudahkan pengambilan data tanpa memikirkan Query ke database, dan lain sebagainya, kalian bisa baca selanjutnya untuk mengenal laravel ada di tulisan Mengenal Apa itu Laravel Framework dan bisa baca juga Cara install PHP di Windows dan Berjalan di CMD (Command Prompt)

Mendownload dan mengguanakan Composer PHP

Untuk memulai instalasi laravel dengan composer menggunakan sistem operasi Windows 10 maka membutuhkan Composer PHP, apa itu composer ? yaitu sebuah script PHP untuk mengambil dan mengatur sebuah Library di bahasa pemrograman PHP yang sumbernya di ambil dari https://packagist.org/.

Untuk mendapatkan aplikasi composer yang berjalan di CMD yang berjalan di sistem Operasi Windows 10 klik link https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe untuk mengunduh aplikasi aplikasi composer berbentuk .exe yang bisa dilakukan di windows

Menjalankan Composer di windows

berikut proses instalasi composer untuk tahap awal instalasi laravel, teman - teman klik next dan next untuk prosesnya :D , jangan lupa pilih path PHP nya.

menjalankan program installer composer Memilih PHP PATH yang sedang digunakan, PHP PATH adalah alamat directory atau folder yang terdapat instalasi program PHP untuk dieksekusi, contohnya biasanya menggunakan XAMPP maka PATH nya ada di C:\xampp\php\php.php atau Laragon ada di PATH C:\laragon\bin\php\php-7.4.19-Win32-vc15-x64\php.exe

kemudian klik Next sampai finish. kemudian buka CMD baru dan ketik composer maka akan muncul tampilan CMD seperti ini. menjalankan program composer CMD

Proses install composer laravel

Lalu untuk memulai install laravel adalah dengan cara mengetikan command di CMD dengan memanggil composer dan perintah instalasi seperti perintah dibawah ini :

composer create-project laravel/laravel:^7.0 belajar-isntall-laravel -vvv

di CMD. apa artinya perintah tersebut ?

  • composer : memanggil composer di CMD windows kita yang sudah di install sebelumnya.
  • create-project : memerintahkan composer untuk membuat project baru.
  • laravel/laravel:^7.0 : memilih laravel framework dengan versi akhir ^7.0 versi 9 terbaru.
  • belajar-isntall-laravel : bagian perintah ini berfungsi untuk memberi nama foldernya yang di create oleh composer dan nantinya kita akan mengerjakan project laravel di folder tersebut.
  • -vvv : penambahan perintah ini opsional karana jika ditambahkan akan melihat proses apa yg berjalan di belakang nya seperti mendownload library yang dibutuhkan laravel.

proses instalasi laravel di composer yang telah selesai

psroses instalasi laravel di composer selesai

Menjalankan composer Laravel di windows

setelah prosesnya selesai dari tahap sebelumnya, mari kita coba apakah laravel yang sudah kita install berjalan dengan baik atau tidak.

Membuat Controller Laravel artisan

kita buat sebuah controller nya terlebih dahulu yang fungsinya menerima request dan mengembalikan responses di sisi client, bisa langsung membuat file nya di foldernya project yang kita buat sebelumnya di \belajar-isntall-laravel\app\Http\Controllers dengan nama CobaController.php atau bisa kita generate dengan php artisan dengan perintah berikut

php artisan make:controller CobaController --resource

Penjelasan :

  • php artisan : perintah untuk memanggil php artisan yang tugasnya lekukan generate atau melakukan konfigurasi terhadap laravel jadi kalian bisa melakukan sesuatu di laravel dengan perintah di artisan ini.
  • make:controller : perintah untuk melakukan generate controller di laravel, selain command ini masih banyak lagi seperti menggenerate model, seeder, migration dan lain sebagainya.
  • CobaController : ini bagian dari penamaan yang akan men generate controller
  • --resource : dengan perintah ini teman-teman akan mendapatkan generate controller berisi function method index, create, store, show, edit, update, dan destroy, secara otomatis.

setelah membuat file controller mari kita isi dan modifikasi untuk mengetes apakah laravel sudah berjalan dengan baik, mari kita isi script CobaController.php dengan seperti berikut di bagian function index():

<?php

namespace App\Http\Controllers;

use Illuminate\Http\Request;

class CobaController extends Controller
{
    /**
     * Display a listing of the resource.
     *
     * @return \Illuminate\Http\Response
     */
    public function index(Request $request)
    {
        return 'Hallo, Mencoba menjalankan laravel di windows';
    }

penjelasan :

  • public function index(Request $request) : bagian injection parameter Request $request itu untuk menerima input dari sisi cilen yang dikirimkan.
  • return 'Hallo, Mencoba menjalankan laravel di windows'; : mengembalikan berupa kata kata Hallo, Mencoba menjalankan laravel di windows disisi client

Membuat Laravel Routing

Lanjut kita ke Routing untuk mendefinisikan URL adatu endpoint yang akan mengendalikan dari sisi contoller berupa responses dan request dari client, Routing di laravel terdapat di folder belajar-isntall-laravel\routes\web.php di file web.php teman-teman bisa mendefinisikan controller dan URL atau endpoint apa yang akan dipakai.

file web.php yang sudah disesuaikan:

<?php

use Illuminate\Support\Facades\Route;
use App\Http\Controllers\CobaController;

Route::get('/', function () {
    return view('welcome');
});

Route::get('/mencoba-laravel', [CobaController::class, 'index'])->name('coba-laravel');

penjelasan :

  • use App\Http\Controllers\CobaController; : melakukan pemanggilan controller yang sudah kita buat dan menjalankannya di routing ini
  • Route::get('/mencoba-laravel' : ini bagian untuk URL nya atau endpoint nya dari website dengan method GET dengan endpoint /mencoba-laravel
  • [CobaController::class, 'index']) : bagian ini melakukan pemanggilan controller dan melakukan akses ke method index
  • ->name('coba-laravel'); : yang bagian ini yaitu penamaan dari routing atau pendefinisian routing nya

Menjalankan Laravel Local Server localhost

Di Tahap ini untuk mencoba menjalankan laravel di windows mari kita menggunakan perintah dari php artisan serve dengan local server perintahnya yaitu :

php artisan serve

dari perintah di atas maka aplikasi web kalian akan bisa diakses di local server kompoer dengan alamat http://127.0.0.1:8000 nah untuk controller yang kita buat bisa di akses di http://127.0.0.1:8000/mencoba-laravel